Palembang Kito

Blog yang mengulas berbagai hal tentang kota Palembang
adat budaya, bahasa, kuliner, wisata, berita dan komunitas di Palembang
Breaking News
Loading...

Pempek khas wong palembang

6.8.13

Pempek atau juga boleh disebut empek-empek, yah siapa yang tak tahu dengan nama ini..Salah satu makanan Khas Kota Palembang yang terbuat dari adonan Ikan dan Sagu yang dalam penyajiannya juga ada beberapa cara seperti digoreng, direbus dan dipanggang.Pempek pada masa lalu biasa dibuat dengan bahan utama Ikan Belido/Belida ,Ikan gabus, tetapi semakin langkahnya populasi ikan Belido maka pempek sekarang sudah biasa dibuat dari berbagai macam ikan seperti : Ikan Gabus, Ikan Parang parang, Toman  bahkan memakai Ikan Laut seperti Kakap dan Tenggiri.


Salah satu adegan pembuatan adonan Pempek


Penyajian pempek ditemani oleh saus atau kuah berwarna hitam kecoklat-coklatan yang disebut cuka atau cuko (bahasa Palembang). Cuko dibuat dari air yang dididihkan, kemudian ditambah gula merah, udang ebi dan cabe rawit tumbuk, bawang putih, dll, tapi ada sebagian masyarakat keturunan biasa membuat cuka dengan dicampurkan sedikit arak.Bagi masyarakat asli Palembang,cuko dari dulu dibuat pedas untuk menambah nafsu makan. Namun seiring masuknya pendatang dari luar pulau Sumatera seperti pendatang dari Pulau Jawa maka saat ini banyak ditemukan cuko dengan rasa manis bagi yang tidak menyukai pedas. Cuko dapat melindungi gigi dari karies (kerusakan lapisan email dan dentin). Karena dalam satu liter larutan kuah pempek biasanya terdapat 9-13 ppm fluor. satu pelengkap dalam menyantap makanan berasa khas ini adalah irisan dadu timun segar dan mie kuning bisa juga dicampurkan tumbukan udang kering.



Pempek Telor dengan Cuka dan pelengkap lainnya



Ada juga Pempek yang bahan dasarnya tidak memakai dari olahan daging ikan teapi memakai bahan dari kulit Ikan , warnanya agak kecoklatan , tekstur kasar dan lebih keras dari pempek  lainnya yah ..ini dinamakan dengan Pempek Kulit, seperti gambar dibawah ini:


Pempek Kulit

Nah kalau anda berkempatan datang ke kota Palembang, jangan takut ada banyak penjual Pempek disana, namun saran saya "lebih baik bertanya dimana temmpat penjual Pempek yang enak", karena kwualitas berbeda beda,untuk rekomendasi dari saya anda bisa mencoba rasa Pempek di:
  • Pempek yg dijual di kawasan Lapangan Hatta, lokasi di tengah kota palembang.
  • Pempek Vico di kawasan Seberang ulu/Plaju .
  • Pempek Pak Raden di kawasan jln basuki Rahmatt
  • Pempek Candy yang berada di depan hotel Novote\
  • dan di berbagai sudut kota, bahkan adaPempek enak tanpa Merk toko seperti di urutan paling atas.
Note: Jika Anda penggemar Pempek dan mengaku sering makan Pempek tapii....
anda belum mencoba Pempek yg dijual di Kotanya, saya bisa pastikan anda belum benar benar makan Pempek :)
cukup sekian Ulasan tentang Pempek ,nantikan posting berikutnya masih di area Palembang Kito



Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.
Comments
0 Comments
Fb komen di reko oleh Kota Palembang Kito
 
Toggle Footer